Finding You Among The Stars (Eka Annisa)

Lama nggak baca novel genre Teenlit, saya akhirnya ketagihan setelah membaca ulang buku-buku Esti Kinasih dan beberapa novel lainnya yang dibaca zamannya SMP dulu. Dan karena keinginan sekaligus kebutuhan, saya akhirnya membeli satu buku dari debut Eka Annisa (jebolan GWP).

Finding You Among The Stars


Penulis
Eka Annisa

Editor
M. Adityo Haryada

Desain sampul
Orkha Creative

Penerbit
PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN
978-602-2754-9

Jumlah halaman 
212

Harga
Rp 52.000,-

Sebelumnya, let me tell you a blurb.

Bagi Nadhira, Reo adalah bintang yang selalu menerangi hidupnya. Saat cowok itu meninggal, hidup Nadhira menjadi gelap. Dia menjadi lebih tertutup dan enggan bersosialisasi. 

Sampai akhirnya Nadhira bertemu Haykel si mahasiswa menyebalkan di salah satu perpustakaan Jakarta. Herannya, cowok itu mengingatkan Nadhira pada Reo karena sama-sama menyukai alam semesta. Kemiripan itulah yang membuat hati Nadhira pelan-pelan terbuka. 

Kedekatan Nadhira dan Haykel membuat Edgar-sahabat Reo-kesal. Bagaimanapun, Edgar lebih dulu menyukai Nadhira. Bahkan cowok itu rela melakukan apa pun demi Nadhira. Kegigihan Edgar pun membuat perasaan Nadhira goyah. Selain itu, Nadhira juga dihadapkan pada kenyataan menyakitkan tentang asal-usul Haykel, kehidupan Edgar, bahkan misteri kematian Reo.

***

Secara umum Finding You Among The Stars bercerita tentang cewek yang ditinggal kekasihnya karena meninggal akibat kecelakaan. Lalu dalam masa pemulihan pasca kepergiannya, cowok lain datang dan bersikap sangat manis sehingga mengingatkan dia pada kekasihnya itu. Terlalu sering bersama akhirnya membuat tokoh ceweknya--Nadhira jatuh cinta. Tapi sayangnya, ketika dia menerima Haykel, sahabat kekasinya yang meninggal pun datang dengan cinta yang sama. Konfliknya berada ketika Nadhira harus memilih dan diperhadapkan pada kenyataan bahwa yang menyebabkan kekasihnya meninggal dunia adalah Haykel. Dan cerita kemudian ditutup dengan Nadhira yang memilih Haykel (so sorry for giving you a spoiler).

Karena lama nggak baca buku Teenlit, saya agak kaget waktu baca novel ini. Kenapa? Karena ceritanya mengalir sangat lambat di awal, seolah-olah cerita ini akan berlangsung sampai beberapa ratus halaman lagi sehingga klimaksnya hampir berada di bagian akhir. Jarak dari klimaks ke penutup sangat sangat tipis sampai saya kehilangan gregetnya waktu konflik diselesaikan. 

Tapi saya suka dengan cara Eka Annisa bertutur. Pemilihan katanya sederhana. Bagian deskripsi dan percakapan tokohnya pun sangat santai sehingga kalau remaja membaca buku ini, mereka pasti mudah paham. Hanya saja, tema alam semesta yang disajikan di sinopsis belakang buku, kurang dalam dijelaskan dalam novel ini. Atau mungkin juga karena di awal cerita, penulis mengisahkan banyak hal sehingga terkesan bias fokusnya.

Satu lagi yang membuat saya bingung saat membaca novel ini. Ada tokoh Bunda Nadhira dan Mamah Reo yang saya bingung posisinya. Kedekatan Nadhira justru terlihat lebih dekat dengan Mamah Reo dibanding dengan Bunda-nya. Sehingga saya sempat berpikir, apakah hubungan remaja yang sedang pacaran bisa sedekat itu sama keluarganya? hehehe...

But over all untuk bacaan remaja, Finding You Among The Stars bisa jadi rekomendasi yang bagus. Menghibur dan menambah sedikit pengetahuan soal regulus LOL 





Comments

Popular Posts