Tentang Berjalan pada Jalan yang Tidak Diketahui Alasannya




When you feel not so ready but life brings you to that.


Saya menuliskannya di perjalanan kereta beberapa hari yang lalu. Pikiran saya memang selalu melalang buana pada banyak hal setiap kali berada pada sebuah perjalanan. Dan, belakangan ini yang muncul di kepala saya adalah mengapa saya berada di sini?


Belum pernah sekali pun saya merasa bahwa saya sedang berjalan di jalan yang saya tidak tahu ke mana ujungnya dan alasan apa yang membuat saya berada di jalan itu. Mengingat saya memang memupuk mimpi-mimpi saya sejak dini dan menyiraminya agar tumbuh subur, hal itu membuat saya mengerti tentang apa yang sedang saya perjuangkan. Tapi yang terjadi belakangan ini justru berbeda dari biasanya. Saya merasa asing dengan mimpi saya yang sedang saya sirami karena mulai tumbuh. Saya merasa sumber air berada sangat jauh dari mimpi saya. Dan saya merasa semakin tidak mengenali mimpi-mimpi saya sendiri sampai pertanyaan itu muncul lantas memaksa saya untuk mencari-cari alasannya.


Lalu mengapa saya terus berjalan di jalan yang sama dengan jalan yang saya tidak mengerti? Jawabannya hanya satu ; karena dengan terus berjalan saya menjadi terus belajar. Dengan terus belajar saya akan tahu nantinya mengapa saya berjalan di jalan ini, saat ini.


Manusia kadang-kadang diperhadapkan pada titik-titik yang membuatnya sama sekali tidak mengerti, kebingungan dan hendak membalikkan badan. Tapi dalam hidup, hanya ada dua pilihan ; menghadapi dan memunggungi. Di dalam menghadapi itulah, manusia yang lain berkata pada saya bahwa suatu hari, pertanyaan saya hari ini akan saya temukan jawabannya.   

Comments

Popular Posts