Mengunjungi Museum MACAN


Setelah melihat beberapa posting-an di Instagram tentang museum yang katanya instagramable ini, saya akhirnya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Museum MACAN ( Modern and Contemporary Art in Nusantara ). 

Museum MACAN berlokasi di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum ini sudah dibuka sejak bulan November 2017 dan sedang memamerkan karya seni bernama 'Art Turns. World Turns.'. Dari informasi yang saya baca di salah satu sudut tembok museum, Museum MACAN didirikan oleh Yayasan Museum MACAN itu sendiri sebagai yayasan nirlaba. Tujuannya adalah untuk memberikan akses kepada publik luas ke koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia dan seluruh dunia yang terus berkembang. 

Untuk masuk ke Museum MACAN, penikmat seni harus membayar tiket yang bisa dipesan secara online mau pun on the spot. Yang jelas, saat ini pengunjung yang datang jumlahnya sangat banyak sehingga pengunjung harus rela antri untuk bisa masuk ke dalam museum. Pun dengan saya. 


Ada beberapa karya lukisan yang dipamerkan di Museum MACAN. Seperti namanya, lukisan-lukisan ini menggambarkan perkembangan nusantara dan dunia dengan gaya yang berbeda-beda. Dari setiap lukisan, pengunjung bisa membaca makna yang ingin disampaikan pembuatnya dengan mudah melalui keterangan-keterangan di sisi lukisan.



Bukan hanya lukisan, di Museum MACAN juga ada beberapa artwork yang menarik dan tentu saja menjadi objek foto untuk para pengunjung. 




Satu lagi spot instagramable yang akhir-akhir ini muncul di explore Instagram ; The Infinity Mirrored Room karya seniman Yayoi Kusuma. Dalam sebuah ruangan kecil, pengunjung dipersilakan untuk masuk dan menikmati sebuah karya yang membuat ruangan kecil tersebut menjadi ruangan tanpa batas. Dengan lampu-lampu cantik, tempat ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung yang membuat antrian hingga dua jam lamanya. Tapi itu sebanding dengan kepuasan yang didapat saat masuk ke dalam The Infinity Mirrored Room. 


So, selamat mengunjungi Museum MACAN. Informasi lebih lengkap bisa langsung diakses melalui museummacan.org


Comments

Popular Posts